Definisi Dan Pengertian Umum Paving Blok

Menyebut paving blok mungkin sudah tak absurd lagi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, alasannya materi ini dipakai sebagai materi utama untuk perkerasan jalan, pekarangan atau taman.

Definisi Paving Blok
Paving block atau blok beton terkunci berdasarkan SII.0819-88 yakni suatu komposisi materi bangunan yang terbuat dari gabungan semen portland atau materi perekat hidrolis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa materi pemanis lainnya yang tidak mengurangi mutu beton tersebut.

Sedangkan berdasarkan SK SNI T-04-1990-F, paving block yakni segmen-segmen kecil yang terbuat dari beton dengan bentuk segi empat atau segi banyak yang dipasang sedemikian rupa sehingga saling mengunci (Dudung Kumara, 1992; Akmaluddin dkk. 1998).

Pengertian Umum
Paving blok yakni kerikil cetak yang berasal dari gabungan materi bangunan berupa pasir dan semen PC dengan perbandingan gabungan tertentu, yang memiliki beberapa variasi bentuk untuk memenuhi selera pemakai. Penggunaan pavin blog ini diubahsuaikan dengan tingkat kebutuhan, contohnya saja untuk halaman rumah tentu berbeda dengan jalan maupun halaman parkir, alasannya mutu paving yang dipakai berbeda. Untuk jalan atau halaman parkir mutu paving yang dipakai lebih baik dibanding dengan halaman rumah alasannya muatan yang bekerja tidak sama.

Banyak alasan kenapa orang suka memakai paving blok, contohnya saja ketika siang hari halaman yang memakai paving blok tetap lebih nyaman (tidak terlalu panas) jika dibandingkan dengan halaman yang memakai aspal atau cor beton. Paving blok memiliki beberapa variasi bentuk yang indah, pemasangan dan perawatannya pun juga sangat mudah. Selain itu paving blok juga sanggup diproduksi sendiri dengan mudah.

Variasi bentuk paving blok sanggup dilihat menyerupai pada gambar dibawah ini:

Bentuk Paving Blok / pavingbloc.blogspot.com
 Beberapa variasi pemasangan paving bentuk persegipanjang sanggup dilihat menyerupai dalam gambar berikut ini:

Variasi pemasangan paving/ khedanta.wordpress.com

Demikian sekilas ihwal pengertian umum paving blok, dalam postingan berikutnya akan aku bahas mengenai langkah-lagkah pembuatan paving blok dan juga cara memilih harga paving. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Umum Paving Blok"

Post a Comment